UTS – INNOVATIVE COMPANY: NIKE

IRFANADHIKA SALIM

19010031

 

INNOVATIVE COMPANY

 

NIKE

 

Produk sepatu dan pakaian olahraga Nike, berasal dari nama dewi Yunani yang berarti kemenangan. Nike didirikan tahun 1964 ketika atlet sekaligus pengusaha Oregon bernama Phillip Knight, mengagas impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang kemudian mendominasi pasar Amerika Serikat. Keuntungannya adalah bahwa sepatu Jepang lebih murah karena tenaga kerja lebih murah di Jepang.

Philip mulai menjual sepatu keliling dengan tujuan di stadion atletik, dimana penjualan secara pelan tapi pasti meningkat secara dramatis. Pada 1970-an, Knight dan perusahaan yang berkembang nya melihat awal revolusi jogging dan mulai memasaran produk untuk pelari non-profesional juga. Philip lantas segera membuka pasar yang lebih luas dan mengubah pandangan sepatu lari menjadi sepatu fashion dan menarik semua orang dari anak-anak sampai dewasa memakainya.

Pada 1979 Nike telah menguasai setengah pasar di AS dan dengan pendapatan mencapai US $ 149 juta. Pada pertengahan tahun 1980-an posisi perusahaan tampaknya tak tergoyahkan, namun secara mendadak muncul serangan dari pihak saingan yaitu Reebok. Tapi pada tahun 1990 Nike kembali memimpin perusahaan, terutama karena pengenalan dari sepatu “Air Jordan” yang didukung dan dipromosikan oleh bintang basket Michael Jordan.

Hari ini, Nike mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam sepatu olahraga, dan merupakan pemain penting dalam pakaian dan aksesoris olahraga. Majalah Fortune melaporkan penjualan sebesar US $ 3,7 miliar pada tahun 1994 dan laba US $ 299 juta (Fortune 1995).Sekitar 60 persen dari penjualan perusahaan di Amerika Serikat, sekitar 30 persen di Eropa dan 5 persen di Asia. (1993 Nike: 25).

Etos perusahaan Nike adalah melibatkan dedikasi yang kuat untuk olahraga dan kebugaran. Staf di kantor pusat perusahaan, Nike Kampus Dunia di Beaverton, Oregon, diharapkan menghabiskan beberapa jam setiap hari di gym.

 

BUSINESS MODEL: NIKE

A New Model and Shift to Sustainable Business and Innovation

Selama tahun 2007-2009, Nike mengumumkan sebuah pergeseran untuk fokus pada kategori olahraga. Nike menyelesaikan struktur organisasi besar yang baru pada akhir tahun 2009 yang selaras di geografi, kategori, fungsi, dan ritel. Struktur baru ini mempersiapkan Nike untuk masa depan dengan menyelaraskan kekuatan terbesar Nike terhadap peluang yang terbesar..

Nike fokus pada dua bidang utama untuk memajukan “tanggung jawab perusahaan” sebagai bagian dari rencana bisnis:

1. Membantu perusahaan dalam menjalankan program fast track integration business

2. Mengembangkan solusi yang tepat untuk memungkinkan evolusi Nike dari model bisnis loop tertutup

Untuk mendukung evolusi strategis Nike yang lebih baik, Nike bermaksud untuk mengubah model bisnis yang sudah ada menjadi model bisnis yang berkelanjutan. langkah ini disebut sebagai Bisnis Berkelanjutan dan Inovasi (SB & I). Misi SB & I adalah untuk memungkinkan NIKE, Inc berkembang dalam ekonomi yang berkelanjutan.

Nike membentuk SB & I menjadi beberapa tim;  The Former Corporate Responsibility team, and the Lean, Energy and Compliance yang bekerja dengan pemasok Nike. SB & I berfokus pada prioritas utama bisnis Nike – produk yang berk

elanjutan, produksi berkesinambungan dan pasar yang berkelanjutan – dan pada unsur-unsur dari strategi Nike. Nike melakukan hal ini melalui struktur matriks, dengan prioritas yang ditetapkan untuk masing-masing tim. SB & I berfungsi melaporkan kepada wakil presiden Nike yang nantinya langsung disampaikan kepada CEO Nike dan Direksi Nike. Tim SB & I terdiri dari sekitar 130 orang yang bekerja sama dengan spesialisasinya.

Strategi: Nike

Visi

Melalui tim SB & I, Nike akan berkembang dalam masyarakat dan menjadikan perusahaan Nike menjadi yang terdepan dalam sustainablity economy dan untuk mendapatkan profit yang seimbang. untuk mencapai hal tersebut maka Nike merancang program kerja untuk mencapai visi tersebut:

1. Innovate

2. Integrate

3. Mobilize

Innovate

Tantangan Nike yang dihadapi sekarang adalah untuk berinovasi secara konsisten dan sistematis di seluruh bisnis Nike, dari desain untuk manufaktur ke pasar untuk merebut kembali, daur ulang, dan menggunakan kembali. Untuk membawa disiplin dan fokus pencarian ini, Nike telah membuat kami “Innovation Lab” dengan misi untuk memberikan solusi dari setiap permasalahan yang muncul

.

Integrate

Mengintegrasikan tanggung jawab perusahaan ke bisnis Nike telah menjadi usaha yang konsisten sejak tahun 2004. Integrasi membutuhkan semua orang di perusahaan untuk berbagi pemahaman umum tantangan perusahaan Nike. Pada dasarnya, hal ini memerlukan sebuah perubahan budaya yang menginspirasi karyawan di seluruh organisasi untuk mempertimbangkan bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk membangun organisasi yang lebih berkelanjutan.

Mobilize

Kolaborasi untuk mencapai sebuah visi sangat dibutuhkan dalam bisnis. Nike berpikir bahwa harus mengerahkan segala sesuatu baik dari segi materi dan sumber daya manusia agar Nike menjadi perusahaan yang maju. inovasi memberikan sebuah investasi terbesar yang dimiliki oleh Nike karena setiap inovasi mendatangkan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Selain itu, Nike pun mengubah lingkungan kerja serta menggerakkan seluruh karyawan untuk partisipatif dalam setiap kegiatan perusahaan. Hal ini menimbulkan kestiaan dan semangat kerja para karyawan Nike. Bentuk kerja sama baru pun telah terbentuk yaitu dengan adanya sistem open source agar seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh Nike menjadi semakin beragam dan efisiensi produk pun tercapai.

PRODUCT AND TECHNOLOGY: NIKE

Nike terus memberikan kelebihan kepada setiap pemain untuk mendominasi permainan lapangan dengan pilihan sepatu bola yang sesuai dengan tipe dan gaya bermain yang berbeda-beda. Musim ini, Nike memberikan warna-warna terbaru ke empat jenis sepatu bola Nike.

NIKE T90 LASER IV

Fokus pada adaptasi terhadap kebutuhan teknis dan gerakan seorang striker yang aktif, T90 Laser IV 20% lebih ringan dari versi sebelumnya dan memiliki siluet lengkung yang pas untuk kaki dan juga kepekaan pada bola. Bagian depan sepatu memberikan desain pelindung yang disusun ulang sehingga daerah-daerah utama dibagi menjadi garis-garis yang fleksibel untuk meningkatkan kekuatan alami dan akurat pada kaki.

 

NIKE TIEMPO LEGEND IV ELITE

 

Tiempo Legend IV Elite terbuat dari premium leather yang kuat dan lembut, memberikan seorang pemain kenyamanan, sentuhan dan kontrol yang eksta. Memadukan sentuhan dan kepekaan yang tak tertandingi dengan inovasi seperti plat serat karbon, teknologi Flywire dan konfigurasi pool/stud melahirkan sebuah legenda. Ini merupakan versi Tiempo yang paling ringan, lebih ringan 20g dari pendahulunya. Versi 2012 kali ini menampilkan paduan warna putih dan merah metalik.

 

NIKE MERCURIAL VAPOR SUPERFLY III


Memiliki sistem traksi yang dapat beradaptasi untuk memberikan cengkraman ekstra, dan respon, generasi ketujuh dari seri Mercurial ini membuat pemain cepat mampu memanfaatkan setiap kesempatan untuk mencetak gol. Bilah (blades) yang diposisikan secara terarah dapat memaksimalkan teknik memotong dan memungkinkan perubahan arah yang cepat, sedangkan traksi jari kaki sekunder menambahkan kekuatan toe-off pada langkah-langkah awal yang kritis menjelang kecepatan penuh ledakan. Secara garis besar, desain ini memungkinkan kecepatan yg lebih besar dan kecekatan di segala arah.

NIKE CTR360 MAESTRI II ELITE



 

Nike CTR360 Maestri II Elite didesain untuk pemain yang ingin menguasai teknik kontrol di lapangan. Seorang maestro-pemain tengah membutuhkan kemampuan untuk mengontrol tempo dengan operan yang akurat, mendikte kecepatan permainan dan menciptakan kesempatan. Bagian atas kulit sintetis Kanga-Lite menjamin kenyamanan dan pas pada kaki. Zona bantalan untuk menerima dan mengoper memberikan sentuhan pertama yang luar biasa dan memperbaiki kontrol bola dan distribusi yang lebih presisi.

 

REFERENSI

http://www.nikebiz.com/crreport/content/strategy/2-1-4-a-new-model-and-shift-to-sustainable-business-and-innovation.php?cat=cr-strategy

http://telepongenggam-jimmy63.blogspot.com/2012/02/teknologi-baru-dalam-sepatu-bola-nike.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Nike,_Inc.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s